Sunday, March 10, 2013

Pertemuan Keempat - Kelompok 2


S
egmentasi dan targeting pasar jasa pendidikan, itulah materi yang dipaparkan oleh kelompok dua pada hari Senin, 4 Maret 2013 yang beranggotakan Yohanes, Syifa, Vera, dan Tyas. Mereka memaparkan materi tersebut dengan menggunakan buku yang berbeda-beda. Presentasipun dimulai kurang lebih sekitar pukul 13.30 di ruang kelas 307 gedung Daksinapati FIP UNJ.
 Suatu daerah yang di dalamnya bertemu kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran untuk menentukan suatu harga, itulah definisi pasar yang pertama kali dipaparkan oleh Andre yang juga membuka presentasi pada hari itu. Kemudian Ia mulai menjelaskan mengenai definisi dari segmentasi pasar yaitu usaha untuk mengelompokan pasar dari yang heterogen menjadi homogen dengan segala macamnya. Mulai dari geografi, demografi, psikografi, hingga behavioristik.
Selanjutnya presentasi mengenai materi ini dilanjutkan oleh Syifa. Inti pembahasannya memang sama dari sebelumnya namun ada beberapa hal yang ditambahkan. Misalnya saja seperti syarat-syarat dalam segmentasi pasar (measurable, accesible, large enough, dan actionable), pola-pola segmentasi pasar (preferensi homogen, preferensi tersebar, dan preferensi terkelompok-kelompok), proses segmentasi (survey – analisis – pembentukan), dan menjelaskan bagaimana segmentasi yang efektif untuk dilakukan. Kriteria segmentasi yang efektif itu sendiri yaitu yang dapat diukur, besar, dapat dijangkau, dapat dibedakan, dan dapat diambil tindakan. Selain membahas segmentasi, Syifa juga membahas mengenai penetapan targetting pasar. Dimulai dengan mengevaluasi segmen pasar, memilih segmen pasar, hingga pertimbangan tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.
Berbeda dengan Andre dan Syifa, Vera memulai pemaparannya dengan bahasan tahap-tahap dalam pemasaran (pemasaran masal, pemasaran aneka produk, dan sasaran pemasaran). Sementara menurut buku yang Vera gunakan sebagai sumber sasaran pemasaran itu sendiri memerlukan tiga langkah utama : Segmentasi pasar, yaitu tindakan mengidentifikasi dan membentuk kelompok  pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan atau marketing mix yang berbeda; Penetapan pasar sasaran (targeting) ,yaitu tindakan untuk memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki; Penetapan posisi pasar (positioning), yaitu tindakan membangun dan  mengkomunikasikan manfaat kunci istimewa dari produk di pasar.
Presentasi pun ditutup oleh Tyas, namun sebelumnya Ia menjelaskan terlebih dahulu beberapa tujuan dari segmentasi pasar, yaitu memuaskan kebutuhan pelanggan secara lebih efektif, memastikan retensi pelanggan, loyalitas pelanggan, dan masih banyak lagi tujuan lainnya. Selain itu Tyas juga menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam segmentasi pasar yang intinya tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah disampaikan oleh Syifa sebelumnya.
Setelah presentasi benar-benar ditutup, Bapak Amril selaku dosen pengajar dalam mata kuliah ini menjelaskan dan menambahkan mengenai materi yang sudah dibahas oleh kelompok dua sebelumnya. 

No comments:

Post a Comment