S
|
egmentasi dan targeting pasar jasa pendidikan, itulah materi yang
dipaparkan oleh kelompok dua pada hari Senin, 4 Maret 2013 yang beranggotakan
Yohanes, Syifa, Vera, dan Tyas. Mereka memaparkan materi tersebut dengan
menggunakan buku yang berbeda-beda. Presentasipun dimulai kurang lebih sekitar
pukul 13.30 di ruang kelas 307 gedung Daksinapati FIP UNJ.
Suatu daerah
yang di dalamnya bertemu kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran untuk menentukan
suatu harga, itulah definisi pasar yang pertama kali dipaparkan oleh Andre yang
juga membuka presentasi pada hari itu. Kemudian Ia mulai menjelaskan mengenai definisi
dari segmentasi pasar yaitu usaha untuk mengelompokan pasar dari yang heterogen
menjadi homogen dengan segala macamnya. Mulai dari geografi, demografi, psikografi,
hingga behavioristik.
Selanjutnya presentasi mengenai materi ini
dilanjutkan oleh Syifa. Inti pembahasannya memang sama dari sebelumnya namun
ada beberapa hal yang ditambahkan. Misalnya saja seperti syarat-syarat dalam
segmentasi pasar (measurable, accesible, large enough, dan actionable),
pola-pola segmentasi pasar (preferensi homogen, preferensi tersebar, dan
preferensi terkelompok-kelompok), proses segmentasi (survey – analisis –
pembentukan), dan menjelaskan bagaimana segmentasi yang efektif untuk
dilakukan. Kriteria segmentasi yang efektif itu sendiri yaitu yang dapat
diukur, besar, dapat dijangkau, dapat dibedakan, dan dapat diambil tindakan. Selain
membahas segmentasi, Syifa juga membahas mengenai penetapan targetting pasar. Dimulai
dengan mengevaluasi segmen pasar, memilih segmen pasar, hingga pertimbangan
tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.
Berbeda dengan Andre dan Syifa, Vera memulai
pemaparannya dengan bahasan tahap-tahap dalam pemasaran (pemasaran masal,
pemasaran aneka produk, dan sasaran pemasaran). Sementara menurut buku yang
Vera gunakan sebagai sumber sasaran pemasaran itu sendiri memerlukan tiga langkah utama : Segmentasi pasar, yaitu tindakan
mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah
yang mungkin membutuhkan produk dan atau marketing mix yang berbeda; Penetapan
pasar sasaran (targeting) ,yaitu tindakan untuk memilih satu atau lebih
segmen pasar untuk dimasuki; Penetapan posisi pasar (positioning), yaitu
tindakan membangun dan mengkomunikasikan manfaat kunci istimewa dari
produk di pasar.
Presentasi pun ditutup oleh Tyas, namun
sebelumnya Ia menjelaskan terlebih dahulu beberapa tujuan dari segmentasi
pasar, yaitu memuaskan kebutuhan pelanggan secara lebih efektif, memastikan
retensi pelanggan, loyalitas pelanggan, dan masih banyak lagi tujuan lainnya.
Selain itu Tyas juga menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam segmentasi
pasar yang intinya tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah disampaikan oleh
Syifa sebelumnya.
Setelah presentasi benar-benar ditutup,
Bapak Amril selaku dosen pengajar dalam mata kuliah ini menjelaskan dan
menambahkan mengenai materi yang sudah dibahas oleh kelompok dua sebelumnya.
No comments:
Post a Comment