Sunday, March 10, 2013

Psikografi & Behavioristik


Segmentasi merupakan proses mengelompokan pasar ke dalam kelompok-kelompok tertentu dari yang heterogen menjadi homogen namun memiliki kebutuhan yang relatif sama sehingga masing-masing kelompok dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Ada beberapa macam pendekatan dalam segmentasi pasar, diantaranya : segmentasi psikografi, demografi, geografi, dan tingkah laku.
1.    Segmentasi Psikografi
Dalam segmentasi ini pemasar diharap dapat memperhatikan psikologis pelanggan, sesuai dengan kebutuhan mereka supaya produk tersebut dapat diterima oleh pelanggan. Segmentasi ini sendiri dikelompokan berdasarkan status sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
a.      Status sosial
Pemasar menggunakan kategori kelas sosial sebagai segmentasi pasar mereka yang memiliki pengaruh kuat terhadap corak belian dari mulai kelas bawah, kelas menengah, hingga kelas atas.
b.      Gaya hidup
Keinginan manusia dalam memilih barang ataupun jasa yang dia inginkan dapat berdasarkan gaya hidupnya. Apakah dia termasuk orang yang tradisional, modern, boros, hemat, ataupun sebagainya.
c.      Kepribadian
Pembeli dapat dibedakan berdasarkan sifat-sifat teretentu yang ada pada dirinya (agresif atau tidak, penggemar, pecandu dan sebagainya).

2.    Segmentasi Perilaku
Segmentasi perilaku ini dianggap sebagai titik utama dalam melakukan segmentasi pasar. Dalam segmentasi ini pemasar mengelompokan pembeli berdasarkan peristiwa, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, tahap kesiapan, sikap terhadap produk.
a.  Peristiwa
Para pemasar menyesuaikan dengan situasi dan keadaan para pembeli. Misalnya saja pada saat kondisi musim hujan maka akan banyak para penjual jas hujan yang mungkin bisa dikatakan tidak laku di musim panas.
b.    Manfaat
Segmentasi manfaat menuntut pemasar untuk mengikuti manfaat utama yang dicari oleh si pembeli. Mereka juga harus bisa mencari tahu manfaat baru yang diinginkan oleh pembeli dan menghasilkan inovasi usaha baru yang sesuai dengan manfaat itu.
c.    Status pemakai
Dalam hal ini pembeli dapat dikelompokan menjadi kelompok bukan pengguna, kelompok mantan pengguna, kelompok pengguna potensial, kelompok pengguna pertama kali, dan kelompok pengguna regular dari suatu produk.
d.    Tingkat pemakaian
Dalam hal ini pembeli dikelompokan berdasarkan tiga kelas, yaitu kelas ringan, kelas berat, dan kelas menengah.
e.    Tahap kesiapan
Para pemasar disini meyesuaikan dengan kesiapan diri si pembeli karena disaat yang bersamaan bisa saja orang yang satu dengan yang lain memiliki kesiapan yang berbeda akan apa yang dipasarkannya.
f.     Sikap terhadap produk
Tidak semua pembeli memberikan tanggapan psotif dalam menanggapi produk yang ditawarkan oleh pemasar. Memang ada yang bersikap loyal, namun juga tak jaran pembeli bersikap acuh tak acuh, berpikiran negatif, atau bahkan menjadikan produk tersebut sebagai musuhnya.

No comments:

Post a Comment