MANAJEMEN PEMASARAN
JASA
ANALISIS LINGKUNGAN
PEMASARAN
Pada perkuliahan
minggu lalu (25 Januari 2013), kelompok 1 membahas mengenai materi Analisis Lingkungan
Pemasaran, dalam perkuliahan pada hari
senin dosen kami yang bernama bapak Amril Muhammad memaparkan secara jelas apa
itu lingkungan pemasaran.
Lingkungan pemasaran
merupakan Lingkungan yang terdiri dari pelaku-pelaku dan juga adanya
kekuatan yang mempengaruhi kemampuan suatu perusahaan untuk mengembangkan dan
mempertahankan transaksi-transaksi serta hubungan yang saling menguntungkan
dengan pelanggan dan sasaran yang di tuju.
Dalam sebuah pasar perlu adanya
lingkungan pemasaran, nah lingkungan pemasaran inilah yang sangat mempengaruhi suatu
produsen menjual hasil barang produksinya ke konsumen.
Adapun dua faktor yang mempengaruhi suatu lingkungan
pemasaran yaitu :
1.
Faktor internal adalah faktor yang bersumber
dari dalam perusahaan itu sendiri tidak ada campur tangan dari pihak lain.
2.
Faktor eksternal adalah faktor yag bersumber dari luar perusahaan dan
berpengaruh terhadap permasaran produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
·
faktor eksternal lingkungan pemasaran
terbagi menjadi dua yaitu :
1.
faktor
eksternal lingkungan mikro
Lingkungan mikro, merupakan lingkungan
yang sangat mempunyai kedekatan terhadap produksi dari perusahaan itu sendiri .
Dalam lingkungan mikro terdapat yaitu :
o
lingkungan pemasok atau penyuplai, dan
o
lingkungan penyalur.
o
lingkungan persaingan
o
lingkungan pasar
o
lingkungan konsumen
2.
faktor
eksternal lingkungan makro
Lingkungan makro, adalah lingkungan yang
c. Adapun komponen-komponen yang berpengarukupanya sudsah lebih besar dari
mikro yaitu berhubungan dengan pemasaran secara luas ke konsumen dan para pesaing
yang berada di pasaran. Beberapa komponen yang mempengaruhi lingkungan makro,yaitu:
o
lingkungan demografi yaitu berkaitan dengan pertumbuhan
penduduk, perbandingan prosentase umur, tingkat lulusan akademik, serta pola
kehidupan rumah tangga.
o
lingkungan ekonomi yaitu bagaimana harga yang
sedang berada di pasaran.
o
lingkungan alam yaitu adanya SDA yang di
perbaharui dan tidak, SDA yang tanpa batas
o
lingkungan terknologi yaitu dengan banyaknya
inovasi dalam pemasaran jasa. Sebagai contoh adalah penjualan produk melalui
situs online shop.
o
lingkungan politik adalah suatu hukum, badan
pemerintahan dan kelompok berpengaruh seperti organisasi LSM, organisasi buruh
serta perserikatan pengusaha merupakan komponen-komponen dari lingkungan
politik untuk memasarkan produk.
o
lingkungan kebudayaan yaitu perbedaan budaya di masing-masing
daerah juga menentukan gaya hidup yang berbeda pula.
Pemahaman
budaya dan karakter pada setiap daerah akan memudahkan distributor menyesuaikan
prooduk ata jasa yang sesuai dengan kebutuhan daerah tersbut.
terimakasi
ReplyDelete