Sunday, March 3, 2013

Report Analisis Lingkungan Pemasaran


MANAJEMEN PEMASARAN JASA
ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN

Pada perkuliahan minggu lalu (25 Januari 2013), kelompok 1 membahas mengenai materi Analisis Lingkungan Pemasaran,  dalam perkuliahan pada hari senin dosen kami yang bernama bapak Amril Muhammad memaparkan secara jelas apa itu lingkungan pemasaran.
Lingkungan pemasaran merupakan  Lingkungan yang  terdiri dari pelaku-pelaku dan juga adanya kekuatan yang mempengaruhi kemampuan suatu perusahaan untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi-transaksi serta hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan dan sasaran yang di tuju.
Dalam sebuah pasar perlu adanya lingkungan pemasaran, nah lingkungan pemasaran inilah yang sangat mempengaruhi suatu produsen menjual hasil barang produksinya ke konsumen.
Adapun dua  faktor yang mempengaruhi suatu lingkungan pemasaran yaitu :
1.       Faktor internal adalah faktor yang bersumber dari dalam perusahaan itu sendiri tidak ada campur tangan dari pihak lain.
2.       Faktor eksternal adalah  faktor yag bersumber dari luar perusahaan dan berpengaruh terhadap permasaran produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.   
·          faktor eksternal lingkungan pemasaran terbagi menjadi dua yaitu :

1.       faktor eksternal lingkungan mikro
Lingkungan mikro, merupakan lingkungan yang sangat mempunyai kedekatan terhadap produksi dari perusahaan itu sendiri . Dalam lingkungan mikro terdapat yaitu :
o   lingkungan pemasok atau penyuplai, dan
o   lingkungan penyalur.
o   lingkungan persaingan
o   lingkungan pasar
o   lingkungan konsumen

2.       faktor eksternal  lingkungan makro
Lingkungan makro, adalah lingkungan yang c. Adapun komponen-komponen yang berpengarukupanya sudsah lebih besar dari mikro yaitu berhubungan dengan pemasaran secara luas ke konsumen dan para pesaing yang berada di pasaran. Beberapa komponen yang mempengaruhi lingkungan makro,yaitu:
o   lingkungan demografi yaitu berkaitan dengan pertumbuhan penduduk, perbandingan prosentase umur, tingkat lulusan akademik, serta pola kehidupan rumah tangga.
o   lingkungan ekonomi yaitu bagaimana harga yang sedang berada di pasaran.
o    lingkungan alam yaitu adanya SDA yang di perbaharui dan tidak, SDA yang tanpa batas
o    lingkungan terknologi yaitu dengan banyaknya inovasi dalam pemasaran jasa. Sebagai contoh adalah penjualan produk melalui situs online shop.
o   lingkungan politik adalah suatu hukum, badan pemerintahan dan kelompok berpengaruh seperti organisasi LSM, organisasi buruh serta perserikatan pengusaha merupakan komponen-komponen dari lingkungan politik untuk memasarkan produk.
o   lingkungan kebudayaan yaitu perbedaan budaya di masing-masing daerah juga menentukan gaya hidup yang berbeda pula.
Pemahaman budaya dan karakter pada setiap daerah akan memudahkan distributor menyesuaikan prooduk ata jasa yang sesuai dengan kebutuhan daerah tersbut.

1 comment: