Pertemuan
ke-6 mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dilaksanakan pada hari
Senin, 25 Maret 2013 di selasar kajur jurusan MP. Hari itu adalah giliran
kelompok 4 yang memaparkan materi mengenai Bauran Pemasaran Jasa. Kami dibagi
beberapa kelompok kecil dan kelompok saya dimentori oleh Devie Alfikasari.
Devie
menjelaskan mengenai bagaimana perbedaan bauran jasa dengan barang, unsur-unsur
dari bauran jasa yang sama dengan barang tetapi terdapat unsur tambahan yaitu
unsur people (orang), process (proses), dan customer service (layanan konsumen).
Kelompok kecil kami pun mulai
mendiskusikan setiap apa yang dipaparkan. Saling tanya jawab kami lakukan. Setelah
itu Devie menjelaskan mengenai tiga hal yang harus
di perhatikan dalam setiap pengembangan unsur bauran, yaitu :
1. Konsisten
adalah berhubungan dengan keserasian dan kecocokan secara logis dan pengunaan
anatar unsur satu dengan unsur lainnya dalam bauran pemasaran
2. Integrasi
adalah terdapat hubungan yang harmonis unsur – unsur bauran pemasaran.
3.
Leverage adalah pengoptimalan
kinerja tiap unsur bauran pemasaran secara propesional sehingga mendukung
bauran pemasaran.
Sebelum
pemaparan materi di akhiri Devie juga menjelaskan mengenai penerapan bauran
pemasaran pada jasa perguruaan tinggi. Terdapat 5 cara penerapan bauran.
Pertama, merancang program pendidikan. Kedua, strategi produk jasa perguruan tinggi. Ketiga, strategi penetuan harga. Keempat, strategi promosi dan komunikasi perguruan tinggi. Kelima,
strategi sumber daya manusia dan pengelolaan perguruan tinggi.
Demikian
laporan hasil diskusi kelompok kecil kami yang dipimpin oleh Devie alfikasari.
No comments:
Post a Comment