Sunday, March 31, 2013


Pertemuan ke-6 mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dilaksanakan pada hari Senin, 25 Maret 2013 di selasar kajur jurusan MP. Hari itu adalah giliran kelompok 4 yang memaparkan materi mengenai Bauran Pemasaran Jasa. Kami dibagi beberapa kelompok kecil dan kelompok saya dimentori oleh Devie Alfikasari.
Devie menjelaskan mengenai bagaimana perbedaan bauran jasa dengan barang, unsur-unsur dari bauran jasa yang sama dengan barang tetapi terdapat unsur tambahan yaitu unsur people (orang), process (proses), dan customer service (layanan konsumen).
Kelompok kecil kami pun mulai mendiskusikan setiap apa yang dipaparkan. Saling tanya jawab kami lakukan. Setelah itu Devie menjelaskan mengenai tiga hal yang harus di perhatikan dalam setiap pengembangan unsur bauran, yaitu :
1.     Konsisten adalah berhubungan dengan keserasian dan kecocokan secara logis dan pengunaan anatar unsur satu dengan unsur lainnya dalam bauran pemasaran
2.    Integrasi adalah terdapat hubungan yang harmonis unsur – unsur bauran pemasaran.
3.    Leverage adalah pengoptimalan kinerja tiap unsur bauran pemasaran secara propesional sehingga mendukung bauran pemasaran.
Sebelum pemaparan materi di akhiri Devie juga menjelaskan mengenai penerapan bauran pemasaran pada jasa perguruaan tinggi. Terdapat 5 cara penerapan bauran. Pertama, merancang program pendidikan. Kedua, strategi produk jasa perguruan tinggi. Ketiga, strategi penetuan harga. Keempat, strategi promosi dan komunikasi perguruan tinggi. Kelima, strategi sumber daya manusia dan pengelolaan perguruan tinggi.
Demikian laporan hasil diskusi kelompok kecil kami yang dipimpin oleh Devie alfikasari.

No comments:

Post a Comment